KESIMPULAN DARI O & M
Pada
dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi
dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang
erat antara manajemen , organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen ,
organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara
efisien.
Organisasi adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai
tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian,yaitu:
a. Sebagai wadah –> tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses –> memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang
yang menjadi anggota organisasi tersebut .
Secara
garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan
tujuan bersama-sama . Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan
merupakan satu kesatuan.Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan
oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak. Antara berbagai
macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi.
Dengan adanya sharing atau berbagi nilai dan keyakinan
yang sama dengan seluruh anggota organisasi, hal ini dapat mempengaruhi
perilaku orang-orang dalam sebuah organisasi. Perilaku organisasi sendiri
merupakan seperangkat tindakan yang ada dalam sebuah organisasi.Perilaku organisasi melihat bagaimana tingkat individu,
tingkat kelomok, serta kinerja baik individu, kelompok, maupun organisasi itu
untuk berinteraksi stu sama lain. Perilaku organisasi berusaha untuk
mengontrol, memprediksi dan menjelaskan pembagian tugas dan tanggung jawab para
anggota dalam sebuah organisasi.
Namun pengertian
organisasi bahwa akan sangat bermanfaat bagi masa depan murid-murid di sekolah
belum dipahami sepenuhnya. Sehingga di berbagai sekolah terdapat kemungkinan
kegiatan berorganisasi hanya dapat menarik sedikit siswa untuk mengikutinya.
Cara untuk menarik minat siswa untuk berperan aktif di organisasi sekolah ada
banyak jalan. dapat kita membuat sesuatu kegiatan dari organisasi sekolah yang
terlihat "wah" dan menyenangkan, tujuannya agar siswa dan siswi bisa
menghilangkan pengertian organisasi yang salah dalam pikiran mereka.
Berorganisasi itu ribet dan menjenuhkan, itu mungkin anggapan dari sebagian
besar siswa siswi yang tidak bergabung dalam sebuah organisasi di
sekolah tempat mereka belajar.
Manajemen
sumber daya manusia adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan
peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien
dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan
bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Manajemen
didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin -
dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.
0 komentar:
Posting Komentar