Makalah ( Peran Univeritas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-nilai Budaya )

PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA





                                   

  
                                    NAMA               :         RESNANDA PRAMUDIASTIRO
                                    NPM                   :        15111990
                                    KELAS              :          1KA33













SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA 










Mata Kuliah    :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen             : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA Kelas  :  1-KA33
Tanggal penyerahan makalah :27 April 2012
Tanggal upload makalah : 28 April 2012
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar,saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
15111990
RESNANDA PRAMUDIASTIRO




Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah tentang “PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA”.
Makalah ini membahas tentang “PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA “, Makalah ini berhubungan dengan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Saya menyadari bahwa dalam menulis makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat saya harapkan dan masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki.
Saya berharap , semoga makalah ini bermanfaat bagi sumbangsih ilmu pengetahuan dan mampu memberikan penjelasan tentang Peran kebudayaan dalam membentuk kepribadian mahasiswa
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.


Bekasi, 27 April 2012




PENYUSUN
















DAFTAR ISI




PERNYATAAN…………………………………………………………………………...
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………….
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………….. 
BAB 1
Pendahuluan………………………………………………………………………………..
1.1.   Latar Belakang………………………………………………………………………...
1.2.   Tujuan…………………………………………………………………………………
1.3.   Sasaran…………………………………………………………………………………..
BAB 2
Permasalahan………………………………………………………………………………
2.1.   Kekuatan……………………………………………………………………………....
2.2.   Kelemahan…………………………………………………………………………….
2.3.   Peluang………………………………………………………………………………..
2.4.   Tantangan/Hambatan…………………………………………………………………
BAB 3
Kesimpulan dan Rekomendasi…………………………………………………………….
3.1.   Kesimpulan…………………………………………………………………………...
3.2.   Rekomendasi…………………………………………………………………………
Referensi..………………………………………………………………………………….

















BAB 1
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang
Budaya itu perlu dilestarikan agar tidak punah dimakan oleh jaman. Pelestarian nilai-nilai budaya tersebut harus didukung dari semua elemen masyarakat, termasuk Mahasiswa Gunadarma. Indonesia memiliki nilai-nilai keanekaragaman budaya yang dipandang sebagai sebuah kekayaan bukan sebagai sebuah kemiskinan.Indonesia memiliki nilai-nilai  budaya yang ada dari Sabang hingga Merauke dari berbagai keberagaman suku, bahasa, ras, dan agama.
Banyaknya budaya asing yang telah masuk ke Indonesia yang menjelma sebagai Trade Center dan Panutan mulai dari pakaian, makanan, sikap, dan juga nilai-nilai budaya yang telah tertanam pada remaja dan juga para Mahasiswa saat ini. Sehubungan dengan keprihatinan itu, mau tidak mau harus disadari bahwa eksistensi nilai-nilai budaya di Indonesia semakin lama semakin luntur oleh pengaruh budaya asing. Apabila hal ini terus berlangsung, maka kita semakin tidak apresiatif terhadap nilai-nilai budaya, sehingga akan kehilangan jati diri dari nilai-nilai budaya. Oleh karena itu, para Mahasiswa khusus nya Mahasiswa Gunadarma sebagai calon-calon penerus bangsa yang memiliki peranan penting untuk melestarikan nilai-nilai budaya di tengah perubahan zaman dan pengaruh budaya asing yang semakin gencar di Indonesia.


1.2.    Tujuan

·           Menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
·           Memberikan pandangan pada Mahasiswa Gunadarma tentang pelestarian nilai-nilai budaya.
·           Dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
·           Tetap memiliki jati diri dan kepribadian dalam jiwa Mahasiswa.
.          Untuk memperjelas posisi mahasiswa dalam pelestarian budaya.
.          Menanggapi kondisi Indonesia yang telah kehilangan beberapa nilai kebudayaannya.

1.3.    Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk memberi pemahaman dan pandangan kepada Mahasiswa Gunadarma tentang melestarikan dan mempertahankan kebudayaan. Dikarenakan saat ini Mahasiswa cenderung bersikap kurang peduli dan bersikap acuh tak acuh dengan kebudayaannya sendiri dan lebih bangga terhadap kebudayaan luar. Karena hal itu akan  membuat nilai-nilai budaya akan luntur bahkan akan hilang dimakan oleh waktu.


























BAB 2
PERMASALAHAN


Analisis permasalahan “PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA” dengan menggunakan analisis SWOT yang memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek seperti Kekuatan(Strenght), Kelemahan (Weakness),  Peluang (Opportunity), Tantangan/Hambatan (Threats)

Ø  2.1.   Kekuatan (Strenght)

a)   Adanya semangat Bhinneka Tunggal Ika
Masyarakat Indonesia termasuk Mahasiswa Gunadarma memiliki semangat tentang persatuan dan toleransi yang tinggi pada kebersamaan. Hal ini dapat melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.
b)  Pelestarian keanekaragaman budaya     
      Nilai-nilai keanekaragaman budaya memiliki kekuatan tersediri karena dapat memberikan keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain sehingga menimbulkan semangat para Mahasiswa untuk melestarikan nilai-nilai budaya tersebut.
c)   Sosialisasi di area perkampusan
Dengan diadakannya sosialisasi ataupun pengenalan nilai-nilai budaya akan menyebabkan ketertarikan dan juga kesukaan yang akhirnya menyebabkan nilai-nilai budaya tersebut menjadi keterbiasaan dalam perkuliahan.
d)   Mudah mengakses informasi dari berbagai media
Adanya internet, jejaring sosial, koran, majalah dan juga media massa yang lainnya memberikan ruang lingkup yang lebih besar dan juga lebih cepat dan mudah dalam hal melestarikan budaya tersebut.
e)   Kreativitas mahasiswa semakin meningkat pada nilai-nilai budaya
      Hal ini akan menyebabkan semakin fleksibel dan juga menjadi ketertarikan tersendiri dengan adanya kreasi-kreasi baru pada batik, mulai bermunculan kembali model-model rumah seperti rumah adat, dan masih banyak lagi.
Ø  2.2.   Kelemahan (Weakness)

a)   Kurangnya kesadaran Mahasiswa tentang menjaga nilai-nilai budaya
      Kurangnya kesadaran dan minimnya pengetahuan yang di miliki Mahasiswa tentang nilai-nilai kebudayaan sehingga ditinggalkannya kebudayaan - kebudayaan daerah yang ada di Indonesia.
b)   Cepat nya Budaya Asing yang Masuk Ke Indonesia
Gencar nya budaya asing yang masuk ke Indonesia di jaman globalisasi dari berbagai macam media.Hal ini menimbulkan para Mahasiswa lebih tertarik dan suka terhadap budaya luar.
c)   Kurang nya perhatian dari Mahasiswa dan Pemerintah
Bangsa yang besar itu harus menghargai dan melestarikan budaya nya sendiri.Hal ini dapat dilakukan dengan adanya hari khusus batik dan juga lebih melestarikan museum.
d)   Minimnya sosialisasi di perkuliahan
Minimnya sosialisai di perkuliahan yang menyebabkan para Mahasiswa tidak bisa mengenal lebih jauh tentang nilai-nilai budaya yang dimiliki

Ø   2.3.   Peluang (Opportunity)

a)   Memperkokoh Rasa Persatuan dan Kesatuan
Memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa dapat mempertahankan keutuhan bangsa dan juga adanya sikap saling menghormati dan toleransi antara dearah satu dengan daerah lainnya.
b)   Mempopulerkan hasil Budaya ke Media massa
Secara tidak langsung informasi yang diberikan ke media massa dapat mempengaruhi dan menjadikan suatu kebiasaan pada para Mahasiswa untuk dapat melestarikan kebudayaan. Mahasiswa juga dapat dengan mudah mengetahui jenis-jenis kebudayaan di Indonesia.


c)    Sarana dan Prasarana Kampus yang mendukung
      Mendukung nya sarana dan juga prasarana yang ada di kampus Universitas Gunadarma mempercepat dan juga menudahkan dalam melestarikan nilai-nilai budaya.

Ø  2.4.   Tantangan/Hambatan (Threats)

a)   Masuknya Kebudayaan Asing
Masuknya kebudayaan asing ke Indonesia membuat para Mahasiswa kehilangan jati dirinya sebagai anak muda Indonesia. Mereka juga begitu mudah mengikuti budaya asing yang sangat bertentangan dengan kebudayaan Indonesia.
b)   Memudarnya kecintaan terhadap budaya nasional
Kendala ini merupakan yang sudah terjadi di negeri ini dan tengah di dirasakan oleh masyarakat. Hal ini akan berakibat generasi muda lebih cinta akan budaya luar dibandingkan dengan nilai-nilai budaya sendiri.
c)   Adanya persaingan budaya dari bangsa lain
Persaingan yang terjadi karena adanya ekspansi dan juga perluasan nilai-nilai budaya yang terjadi pada akhir-akhir ini terutama dari negara Korea dan juga Jepang yang sedang giat-giat nya melakukan perluasan nilai-nilai budaya.












BAB 3
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1.   Kesimpulan

a)      Meningkatkan kepedulian mahasiswa untuk melestarikan nilai-nilai budaya.
b)      Dapat memberikan kontribusi untuk melestarikan kebudayaan.
d)       Budaya asing yang masuk ke Indonesia tidak bisa disaring oleh Mahasiswa sehingga mereka dengan mudah mengikuti budaya tersebut dan melupakan budaya Indonesia.
e)      Berpikiran kritis para Mahasiswa Gunadarma dalam era Globalisasi saat ini.

3.2.   Rekomendasi

a)      Memberikan Kontribusi dalam melestarikan nilai-nilai budaya

b)      Mencari inovasi dan kreasi dalam pengembangan budaya Indonesia

c)      Tidak mudah terpengaruh terhadap budaya luar yang masuk

d)      Mencinta dan mengapresiasi akan kebudayaan sendiri








Referensi :
http://ibdti.blog.uns.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Resnanda blog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger